Kualitatif - Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD

Kualitatif - Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah, rumah, ataupun di dalam semua kegiatan kita, kegiatan belajar selalu terjadi baik itu disengaja ataupun tidak disengaja. Kegiatan ini sering kali tidak disadari keberadaannya, baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Di sekolah unggulan ataupun di sekolah pinggiran proses belajar mengajar. 
Dari seluruh siswa yang ada di suatu sekolah, pasti terdapat beberapa siswa yang dianggap unggul dibandingkan dengan siswa yang lain. Dalam belajar, siswa melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya membaca, menulis, mendengar, dan mengamati. Tidak semua siswa memiliki hobi untuk membaca, menulis, ataupun kegiatan belajar lain yang menopang kesuksesannya dalam belajar di sekolah. 
Kegiatan belajar sudah mulai dibiasakan pada anak di sekolah dasar. Pada usia ini anak dengan semua rasa keingin tahuannya terhadap sesuatu dapat memotivasi mereka untuk terus menggali informasi atau boleh dikatakan belajar. Siswa sekolah dasar pada awalnya hanya melakukan kegiatan mengamati, karena belum bisa membaca ataupun menulis dengan baik. Kegiatan siswa ini dapat dilihat pada saat istirahat dan berada di perpustakaan. Untuk anak kelas bawah mereka hanya mencari buku yang berkaitan dengan gambar-gambar menarik. Dari itu siswa mulai terpacu untuk belajar lebih sehingga mampu mengerti dan memahami dai isi buku tersebut.
Sedangkan untuk kelas tinggi,siswa di SDN 1 Tambakagung lebih senang membaca atau mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan mereka. Kegiatan itu dapat diamati ketika mereka berada di perpustakaan sekolah. Di perpustakaan sekolah siswa bisa bebas memilih untuk mempelajari hal-hal yang mereka inginkan dan tidak terpaku pada suatu mata pelajaran. Dari kegiatan di perpustakaan ini, siswa juga sudah melaksanakan proses belajar. Hanya saja kegiatan ini tidak berkaitan dengan bidang studi, tapi lebih pada pengetahuan umum.
Kegiatan belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah, bisa saja dilakukan di rumah seperti sebagian siswa. Tidak semua siswa senang belajar di luar jam sekolah atau lingkungan sekolah. Tapi secara garis besar, siswa yang sering melakukan kegiatan belajar setiap kali ada waktu luang baik itu di rumah, sekolah, tentang suatu bidang studi, atau tentang pengetahuan umum akan mempunyai perbedaan yang mencolok dari segi daya berpikirnya yang lebih kritis dan membangun.
Dengan belajar, siswa yang semula tidak tahu menjadi tahu, menjadi lebih paham, mengerti dan lebih meningkatkan daya ingat. Kegiatan belajar merupakan hal positif yang perlu dikembangkan di kalangan siswa sekolah dasar. Pembiasaan belajar bisa mengurangi kegiatan negatif siswa. Namun kegiatan belajar juga tidak selalu baik, karena belajar masihdalam konteks yang luas. 
Kegiatan belajar yang dilakukan siswa yang tergolonng berprestasi dan yang kurang dari rata-rata juga berbeda. Mereka mempunyai kecenderungan untuk belajar mengenai topic bahasan yang berbeda saat di luar jam sekolah. Walaupun mereka satu tingkatan atau satu kelas. Sebagai contoh, ada yang lebih suka belajar/membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan mata pelajarannya di sekolah, tapi ada juga yang lebih senang belajar/membaca komik/novel, bahkan ada juga yang lebih senang belajar untuk melakukan suatu permainan (sepeda, PS, sepatu roda, motor, dan sebagainya). Hal ini tentu akan mencetak prestasi siswa yang berbeda, walaupun sama-sama melakukan kegiatan belajar.
Jadi untuk agar tidak salah persepsi tentang belajar yang mampu meningkatkan prestasi dan daya saing siswa SDN 1 Tambakagung dari kelas bawah hingga atas, disinilah kita perlu melakukan penelitian dan menggali informasi lebih mendalam tentang kebiasaan belajar siswa berprestasi di SDN 1 Tambakagug. Karena hal ini dapat membantu dalam perkembangan dan kemajuan serta dapat menjadikan masukan untuk menjadi lebih baik kusunya bagi oranng tua dan guru.


B. Batasan Masalah

Dengan beberapa keterbatasan peneliti seperti keterbatasan waktu, dana, tenaga, teori, dan agar penelitian ini dapat lebih mendalam peneliti membatasi penelitian ke dalam beberapa variabel. Variabel yang diteliti adalah kebiasaan belajar, faktor pendukung, dan manfaat kebiasaan belajar pada siswa berprestasi di SDN 1 Tambakagung.

Untuk membaca lebih lanjut mengenai penelitian ini silahkan klik link dibawah ini: 

Download Link: 



Sekian artikel mengenai Kualitatif - Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Kualitatif - Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD
Ditulis Oleh : Andrean Perdana
Sekian artikel mengenai Kualitatif - Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD ini. Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi, atau bisa juga dengan fasilitas search di bagian atas artikel.
0 komentar "Kualitatif - Kebiasaan Belajar Pada Siswa Berprestasi Di SD", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment