Kuantitatif - Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar

Kuantitatif - Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Pembangunaan dibidang pendidikan sebagai salah satu dari pembangunaan Pendidikan Nasional, perlu diwujudkan guna meningkatkan sektor pendidikan. Merosotnya kualitas pendidikan banyak mendapat sorotan dari masyarakat, peserta lulusan kependidikan, para pendidik dan pemerintah. Oleh karena itu pemerintah berupaya semaksimal mungkin mengadakan perbaikan dan penyempurnaan dibidang pendidikan.
Peranaan pendidikan dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini sangatlah penting. Dan untuk mencapai tujuan yang tinggi dan berkualitas diawali dengan pendidikan dasar yang baik yang didukung dengan sistem pengajaran dan sarana prasarana yang memadai. Berdasarkan kebijakan Pendidikan Nasional yang tercantum dalam Undang – Undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 36 ayat 1 dan 2 dinyatakan bahwa “Kualitas pendidikan perlu disesuaikan dengan mengacu pada standar nasional dan tujuan pendidikan, serta memperhatikan prinsip diversifikasi sesuai dengan potensi peserta didik”.
Peran sains (IPA) dalam kehidupan sehari – hari sangat berarti. Sains telah membawa kehidupan manusia ke zaman teknologi modern. Sains yang maju akan  mendorong cepatnya kemajuan teknologi, tetapi jika sains tidak ada kemajuan maka teknologi pun tidak akan mengalami kemajuan.
Menyadari akan pentingnya sains (IPA) pada masa depan bangsa, maka pemerintah harus berusaha keras untuk meningkatkan mutu pembelajaran khususnya sains. Sebagai langkah antisipasi maka pendidikan banyak diarahkan pada penataan proses pembelajaran, penggunaan dan pemilihan metode pembelajaran secara tepat, serta pemahaman terhadap karakteristik peserta didik. Semua itu dimaksudkan untuk pencapaian hasil belajar semaksimal mungkin.
Menurut Sumantri dan Johar Permana (2001 : 143) “Belajar tidak hanya dapat diperoleh dari sekolah tetapi juga di lingkungan sekitar”. Dari pendapat tersebut para pendidik perlu memilih metode yang bisa mengurangi tingkat kejenuhan siswa dalam belajar karena siswa selalu belajar di dalam kelas dan dalam sistuasi yang memungkinkan siswa dapat belajar di luar kelas untuk menyegarkan pikiran siswa. Tidak hanya itu pendidik juga harus memperhatikan minat belajar tiap siswa agar dapat menata dan mengkondisikan kegiatan pembelajaran dengan baik dan maksimal. Dengan memilih metode yang tepat dan memahami karakter peserta didik khususnya minat belajar peserta didik yang berbeda – beda diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan mutu pembelajaran. Sebagai pendidik dituntut untuk bisa mengelola proses kegiatan belajar mengajar yang dapat merangsang siswa mau belajar dengan semangat dan rasa senang.
Berdasarkan uraian di atas peneliti perlu mengkaji lebih dalam melalui kegiatan penelitian yang erat kaitannya dengan masalah perbandingan metode pembelajaran ditinjau dari minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI.

Untuk membaca lebih lanjut mengenai penelitian ini silahkan klik link dibawah ini: 

Download Link: 



Sekian artikel mengenai Kuantitatif - Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Kuantitatif - Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar
Ditulis Oleh : Andrean Perdana
Sekian artikel mengenai Kuantitatif - Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar ini. Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi, atau bisa juga dengan fasilitas search di bagian atas artikel.
0 komentar "Kuantitatif - Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment