Skripsi PTK - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Dalil Phytagoras

Skripsi PTK - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Dalil Phytagoras


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Kegiatan belajar matematika efektif apabila tujuan pembelajaran matematika  dapat dicapai dengan baik. Guru harus menguasai materi belajar dan dapat memilih metode mengajar yang cocok, menerapkan strategi serta  menciptakan  suasana yang mendukung pada proses belajar mengajar.
Guru harus tepat dalam memilih metode dan strategi pembelajaran. Guru yang kurang menguasai materi tentu akan kesulitan di dalam mengajar. Hal ini dapat mengakibatkan siswa kurang mengerti atau mamahami tentang materi yang disampaikan sehingga  siswa menjadi malas untuk belajar dan menganggap materi tersebut sulit.
Selama ini pembelajaran yang diterapkan di sekolah adalah pembelajaran  secara konvensional, pembelajaran ini cenderung bersifat searah yaitu peran guru lebih aktif dibanding peran siswa. Sehingga dalam hal ini siswa kurang bisa mengembangkan kreatifitasnya dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka perlu digunakan metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengaktifkan siswa, dimana siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit serta dapat saling mendiskusikan masalah-masalah dengan temannya. Pembelajaran konstruktivis merupakan model pembelajaran kooperatif.
Model pembelajaran kooperatif yaitu belajar dalam kelompok-kelompok kecil yang heterogen, terdiri dari suku atau ras yang berbeda jenis kelamin yang berbeda yaitu laki-laki dan perempuan, kemampuan tinggi, rendah dan sedang. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 orang, keberhasilan dalam kelompok sangat penting dalam pembelajaran ini sehingga anak yang lemah akan mendapat bantuan dari yang lebih pandai  dan sebaliknya, anak yang pandai akan dapat mengembangkan kemampuannya dengan mengajarkan materi pada temannya yang kemampuannya rendah. Model pembelajaan kooperatif terdiri atas 4 pendekatan yaitu STAD (Student Team Achivment Division), Jigsaw, Investigasi  kelompok dan pendekatan struktural (Ibrahim;2000:26). Dalam hal ini, model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan tipe yang lebih sederhana dibandingkan tipe–tipe yang lain.
Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pembelajaran kooperatif lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan pengalaman wajar individual atau kompetitif siswa lebih memiliki kemungkinan menggunakan tingkat berfikir yang lebih tinggi selama dan setelah diskusi kelompok kooperatif daripada mereka bekerja secara individual atau kompetitif (Nur, Muhammad, 2002:17). Interaksi sosial yang terjadi dalam kelompok-kelompok akan dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna. Jadi materi pelajaran yang dipelajari siswa lebih mendalam dan meningkatkan minat belajar siswa serta prestasi belajar siswa.
Fenomena yang terjadi di dalam pembelajaran matematika di sekolah saat ini adalah banyak terdengar keluhan bahwa pelajaran matematika membosankan, tidak menarik bahkan penuh misteri. Ilmu matematika dirasa sukar, sulit dan tidak nampak kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Kenyataan ini adalah sebuah persepsi yang negatif terhadap matematika. Sementara itu ada juga siswa yang sangat menikmati keasyikan bermain dengan matematika, mengagumi keindahan matematika dan tertantang untuk memecahkan setiap soal-soal matematika. Kenyataan ini adalah sebuah persepsi yang positif terhadap matematika. Masalahnya yang terjadi saat ini adalah persepsi negatif lebih banyak dari pada persepsi positifnya
Dari pernyataan di atas guru hendaknya memilih dan menggunakan pendekatan yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar, baik secara fisik, mental maupun sosial, sehingga proses pembelajaran matematika menjadi lebih bermakna. Karena dalam pembelajaran matematika, penggunaan model dan pendekatan yang tepat sangat diperlukan.
Dalil phytagoras merupakan salah satu materi pokok dalam pelajaran matematika yang diajarkan pada SMP Negeri 2  . Materi tersebut dipilih dengan alasan bahwa konsep dalil phytagoras sulit dipahami siswa. Agar siswa ikut aktif dalam belajar matematika, maka diperlukan pendekatan pembelajaran yaitu pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sehingga materi tersebut dapat tersampaikan dengan baik dan dipahami oleh siswa tersebut.
Atas dasar itulah penulis terdorong untuk mengadakan penelitian yang berjudul Penerapan  Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pokok Bahasan  Dalil  Phytagoras di Kelas  VIIIA  SMP Negeri 2   Tahun Pelajaran 2007/2008.

Untuk membaca lebih lanjut mengenai penelitian ini silahkan klik link dibawah ini: 

Download Link: 



Sekian artikel mengenai Skripsi PTK - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Dalil Phytagoras.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Judul: Skripsi PTK - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Dalil Phytagoras
Ditulis Oleh : Andrean Perdana
Sekian artikel mengenai Skripsi PTK - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Dalil Phytagoras ini. Untuk artikel lainnya silahkan lihat di Daftar Isi, atau bisa juga dengan fasilitas search di bagian atas artikel.
0 komentar "Skripsi PTK - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Dalil Phytagoras", Baca atau Masukkan Komentar
Post a Comment